Jumat, 22 Desember 2017

Bagaimana Cara Memilih Cat Berkualitas yang Elegan

Bagaimana Cara Memilih Cat Berkualitas yang Elegan
Desain rumah yang baik tidak bisa terlepas dari pemilihan warna, jenis, dan kualitas cat yang digunakan untuk menciptakan suasana yang mendukung fungsi dan tujuan desain. Kualitas cat yang baik akan menentukan keberhasilan suasana yang ingin ditampilkan dalam sebuah ruang ataupun tampilan bangunan secara keseluruhan. Kualitas cat yang baik juga harus mampu bertahan lama dan tidak mudah kusam sehingga kualitas ruang tetap terjaga. Selain itu, cat yang bermutu tinggi akan memberikan keuntungan ekonomi dan kenyamanan bagi penghuninya karena tidak perlu terlalu sering melakukan pengecatan ulang.

Serenia Hills Residence di Jakarta Selatan, developer: Intiland Development (Sumber: Majalah Style&Décor, Februari 2017)

Baca juga: Yuk, Mengenal Tren Warna Cat Rumah Minimalis 2017 yang Sederhana Tapi Elegan

Banyak merk cat di pasaran yang mengaku berkualitas baik, namun bagaimana memilih yang terbaik dari yang mengaku terbaik? Bagaimana cara menentukan benar tidaknya suatu merk cat itu berkualitas tinggi? Bagaimana pula cara memilih cat berkualitas yang elegan dan yang sesuai dengan kebutuhan? Temukan jawabannya dalam artikel ini beserta inspirasi warna untuk interior dan eksterior rumah Anda.


Ruang Keluarga De Maja di De Park BSD City dengan gaya ‘Dramatic Elegance’ yang memanfaatkan warna-warna monokrom seperti: abu-abu, putih, dan silverish untuk desain elegan yang ‘timeless’ dan menyejukkan hati (Sumber: Majalah Style&Décor, Juni 2017)
1. Ciri-ciri Cat Berkualitas

Cat berkualitas tinggi memiliki daya tutup yang lebih baik sehingga permukaan lebih halus dan tidak ada retakan rambut sedikit pun. Cat berkualitas baik memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap perubahan cuaca baik panas mau pun hujan, kering atau pun lembab. Selain itu, cat berkualitas baik lebih awet dan kualitas warna bertahan lama. Aplikasinya pun lebih mudah, jadi menghemat biaya pengerjaan. Tak kalah pentingnya, merk cat berkualitas selalu konsisten melakukan pengembangan produknya sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen dengan inovasi bahan baku terbaik seiring perkembangan teknologi. Merk cat berkualitas juga mampu bersaing tidak hanya berstandar nasional, tetapi juga lolos pengujian kualitas internasional.


Serenia Hills Residence di Jakarta Selatan, developer: Intiland Development (Sumber: Company Profile Mowilex)

Baca juga: Warna Cat Rumah Minimalis Ngetrend 2017
2. Pilihan Warna Cat Berkualitas

Sudah banyak pilihan warna yang tersedia di pasaran. Para penyedia juga telah menyediakan panduan kombinasi warna harmonis maupun kontras yang bisa memudahkan pelanggan dalam menentukan pilihannya. Namun, ada beberapa pilihan warna yang harus melalui proses ‘tinting’ atau pencampuran warna oleh mesin. Cat berkualitas tinggi bila dicampur akan dapat direplikasi berulang kali secara akurat dan konsisten. Jadi, pelanggan tidak perlu memesan banyak sekaligus karena takut bila cat ‘warna spesial’ yang mereka pilih tidak bisa dibuat lagi atau warnanya akan berbeda jika tidak sekaligus dibuat dalam satu proses.


Proses pencampuran cat(Sumber: Company Profile Mowilex)

Baca juga: Bagaimana Cara Memadukan Cat Rumah Minimalis yang Serasi dan Harmonis
3. Pilihan Tipe Cat Berkualitas

Seiring perkembangan teknologi, berbagai inovasi terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas cat sesuai kebutuhan, baik interior mau pun eksterior. Setiap tipe cat berbeda untuk jenis pengaplikasian yang berbeda. Misalnya, tipe cat ‘Weathercoat’ berarti cat tembok eksterior yang menggunakan formulasi khusus bermutu tinggi untuk memberikan perlindungan dan keindahan warna yang tahan lama. Tipe ‘Emulsion’ dan ‘Emulsion VIP’ merupakan cat tembok interior yang mampu menutup permukaan dengan sempurna dan memberikan sentuhan warna-warna cemerlang untuk semua ruang. Ada pula ‘Elastic Wall Coating’ yaitu cat berbahan dasar emulsi khusus untuk menutup retak rambut pada dinding eksterior, anti jamur dan lumut, serta debu dan kotoran tidak mudah melekat.

Lancewood Nava Park, Tangerang, developer: Sinarmas Land dan Hongkong Land (Sumber: Company Profile Mowilex)

Untuk ruang yang mudah kotor, seperti ruang kelas, gudang, maupun dapur, ada pilihan ‘Silky Finish Interior Paint’ yang berbahan dasar emulsi dengan tampilan setengah kilap sehingga lapisan catnya licin, halus, dan mudah dibersihkan. Bukan hanya untuk dinding, tipe ‘Premium Wood Paint’ adalah cat kayu berbahan dasar air dengan daya lekat yang baik, sehingga lapisan catnya tidak mudah terkelupas dan pecah, tahan perubahan cuaca dan panas matahari, anti jamur, lumut dan serangga, serta mencegah pelapukan kayu, warna tahan lama. Masih banyak sekali pilihan tipe cat yang tersedia di pasaran. ‘Premium Roof Paint’ untuk genteng, ‘Premium Gloss Paint’ untuk kayu, logam, dan gypsum, ‘Precoat Wall Sealer’ sebagai cat dasar, ‘Precoat Waterproofing Sealer’ untuk tembok yang lembab, dan masih banyak tipe lainnya.


Serenia Hills Residence di Jakarta Selatan, developer: Intiland Development (Sumber: Majalah Style&Décor, Februari 2017)

Perhatikan kebutuhan Anda dan tanyakan informasi sejelas-jelasnya pada penyedia terkait seperti “Mowilex Colour Design Center”, atau bacalah brosur-brosur yang ada di toko atau pun tersedia secara online.

Serenia Hills Residence di Jakarta Selatan, developer: Intiland Development (Sumber: Majalah Style&Décor, Februari 2017)

Untuk mendapatkan cat berkualitas yang elegan, harus melalui proses yang baik, mulai dari penentuan suasana yang ingin ditampilkan, jenis dan fungsi ruang, kelembaban ruang, serta jenis bahan dan permukaan yang akan dicat. Proses yang baik untuk menciptakan kualitas tinggi yang elegan harus diiringi komitmen penggunaan standar kualitas yang tinggi, dan konsisten untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Pilihlah cat berkualitas tinggi. Dapatkan hasil akhir dengan kualitas sempurna dan tahan lama. Karena ….. pada akhirnya kualitas yang ‘berbicara’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar